Eksekusi Bomber Boston, Bos Al-Qaeda: AS Harus Terima Konsekuensinya

Jum'at, 01 Juli 2016 - 22:16 WIB
Eksekusi Bomber Boston, Bos Al-Qaeda: AS Harus Terima Konsekuensinya
Eksekusi Bomber Boston, Bos Al-Qaeda: AS Harus Terima Konsekuensinya
A A A
WASHINGTON - Pemimpin kelompok teroris internasional Al-Qaeda, Ayman al-Zawahri memperingatkan Amerika Serikat (AS) akan ada konsekuensi serius jika mereka melakukan eksekusi terhadap bomber marathon Boston, Dzhokhar Tsarnaev, atau tahanan Muslim lainnya.

Hal itu diungkapkan Al-Zawahri dalam video terbarunya. Ia mengancam akan melawan AS jika hukuman mati dilakukan kepada pemuda berusia 22 tahun itu, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (1/7/2016).

Dzhokhar Tsarnaev dijatuhi hukuman mati dengan cara disuntik pada 24 Juni. Ia terbukti bersalah atas serangan bom saat berlangsungnya marathon Boston pada tahun 2013 yang menewaskan 3 orang dan melukai lebih dari 260 orang.

Saat peristiwa bom Boston, Al-Zawahri mengatakan bahwa peristiwa itu sebagai bagian dari kampanye aksi kekerasan transnasional Al-Qaeda.

"Insiden Boston menegaskan kepada Amerika bahwa mereka tidak menghadapi individu, organisasi atau kelompok, tetapi mereka menghadapi pemberontakan umat (komunitas Muslim), yang tengah bangkit untuk berjihad mempertahankan jiwa, martabat dan kemampuannya," kata Zawahri.

"Apa rezim Amerika menolak untuk mengakui bahwa al-Qaeda adalah pesan sebelum itu sebuah organisasi," tukasnya kala itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4234 seconds (0.1#10.140)