Jenderal AS Sebut Afghanistan Berada di Ambang Perang Saudara

Minggu, 05 September 2021 - 14:04 WIB
loading...
Jenderal AS Sebut Afghanistan Berada di Ambang Perang Saudara
Ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS, Mark Milley mengatakan, Afghanistan akan segera melihat perang saudara pecah, dengan konflik antara faksi di negara itu. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Ketua Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat (AS) , Mark Milley mengatakan, Afghanistan akan segera melihat perang saudara pecah, dengan konflik antara faksi-faksi di negara itu. Dia memperingatkan, perkembangan seperti itu dapat membuka jalan bagi kebangkitan al-Qaeda.

Berbicara saat melakukan wawancara dengan Fox News, Milley ditanya apakah AS saat ini sudah aman setelah penarikan pasukan secara resmi selesai. Dia mengakui bahwa itu masih belum jelas, karena ia percaya bahwa Afghanistan belum berada di jalur damai dan tenang.

"Perkiraan militer saya adalah bahwa kondisi tersebut kemungkinan akan berkembang (menjadi) perang saudara. Saya tidak tahu apakah Taliban akan (mampu) mengkonsolidasikan kekuasaan dan membangun pemerintahan,” ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (5/9/2021).

“Saya pikir setidaknya ada kemungkinan yang sangat baik dari perang saudara yang lebih luas dan yang kemudian, pada gilirannya, akan mengarah pada kondisi yang dapat, pada kenyataannya, mengarah pada pembentukan kembali al-Qaeda atau pertumbuhan ISIS atau segudang teroris lainnya. kelompok,” sambungnya.

Milley lebih lanjut mencatat bahwa sementara para pejabat terus mencermati perkembangan di Afghanistan, jelas bagi para pemimpin militer AS bahwa rintangan ada di depan mata.

"Anda bisa melihat kebangkitan terorisme keluar dari wilayah umum itu dalam 12, 24, 36 bulan," ujarnya.

Dengan tidak lagi memiliki tentara di Afghanistan, Milley menegaskan kembali bahwa AS akan memanfaatkan sumber-sumber keamanan dan pengumpulan-intelijennya. Selain itu, ujarnya, potensi serangan udara tetap menjadi pilihan, seperti yang dinyatakan sebelumnya oleh Presiden AS Joe Biden.

“Serangan militer "mungkin" terjadi, tetapi kita harus mempertahankan tingkat indikator dan peringatan dan pengamatan yang sangat, sangat intens dan ISR (Intelijen, Pengawasan, Pengintaian) di seluruh wilayah itu,” jelas Milley.

Dalam wawancara itu, dia juga merinci upaya yang sedang berlangsung untuk memproses ribuan pengungsi Afghanistan yang menuju ke AS, menjelaskan bahwa tindakan antar-lembaga yang diambil oleh para pejabat mencakup berbagai biometrik.

Dia menekankan bahwa AS sebenarnya telah dibutakan oleh seberapa cepat Taliban berhasil merebut kekuasaan, mencatat bahwa pengambilalihan cepat kelompok itu sebagian besar dimungkinkan oleh kurangnya kepercayaan warga pada pemerintah Afghanistan.

"Salah satu masalah mendasar yang saya pikir jelas adalah korupsi di pemerintahan, pemerintah sendiri tidak memiliki legitimasi di mata rakyat. Anda melihat apa yang terjadi pada akhirnya. Para elit pemerintah senior, mereka semua benar-benar disadap,” tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)