Prancis Tunda Konferensi Perdamaian Israel-Palestina

Selasa, 17 Mei 2016 - 16:27 WIB
Prancis Tunda Konferensi Perdamaian Israel-Palestina
Prancis Tunda Konferensi Perdamaian Israel-Palestina
A A A
PARIS - Prancis dilaporkan akan menunda konferensi internasional untuk membahas penyelesaian konflik Israel dan Palestina. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry disebut sebagai penyebab penundaan konferensi ini.

Kerry, yang mewakili AS dalam pertemuan itu dipastikan tidak bisa hadir jika pertemuan digelar sesuai jadwal, yakni pada tanggal 30 Mei mendatang. Oleh karena itu, Prancis memutuskan untuk menunda penyelengaraan konfrensi tersebut.

"John Kerry tidak bisa datang pada tanggal 30 Mei, sehingga konferensi ini akan ditunda, dan akan berlangsung di musim panas," kata Presiden Prancis Francois Hollande, seperti dilansir Times of Israel pada Selasa (17/5).

AS adalah bagian dari kuartet perdamaian Israel-Palestina bersama dengan Rusia, Uni Eropa dan PBB, dan juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. Prancis berharap semua anggota, baik kuartet atau DK PBB dapat hadir dalam pertemuan itu, dan memberikan pandangan mereka soal penyelesaian konflik Israel dan Palestina.

Kerry sendiri tidak bisa menghadiri pertemuan pada tanggal 30 Mei, karena di saat yang sama AS merayakan Memorial Day, yakni hari mengenang para prajurit AS yang tewas dalam pertempuran. Kementerian Luar Negeri AS menuturkan, pihaknya dan Prancis sedang mencari tanggal baru untuk pertemuan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6411 seconds (0.1#10.140)