Prancis: Konferensi Perdamaian Palestina-Israel Tetap Berlanjut

Minggu, 15 Mei 2016 - 23:19 WIB
Prancis: Konferensi...
Prancis: Konferensi Perdamaian Palestina-Israel Tetap Berlanjut
A A A
YERUSALEM - Menteri Luar Negeri Perancis, Jean-Marc Ayrault memastikan bahwa pihaknya akan tetap menggelar konferensi perdamaian yang akan membahas mengenai penyelesaikan konflik Israel dan Palestina. Kepastian ini disampaikan tidak lama setelah dirinya mendapat penolakan langsung dari pihak Israel mengenai keberadaan konferensi ini.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Ayrault, bahwa Israel tetap menentang usulan perdamaian Prancis. Di hadapan Aryault, Netanyahu menegaskan, negosiasi langsung adalah cara satu-satunya untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina.

"Kami tidak akan menyerah, dan begitu pula dengan mitra-mitra kami," kata Ayrault saat menggelar konfrensi pers di Yerusalem paska melakukan pertemuan dengan Netanyahu, seperti dilansir Xinhua pada Minggu (15/5).

Sementara itu, terkait dengan pernyataan Netanyahu yang mengatakan Israel hanya ingin negosiasi langsung dengan Palestina, dirinya menuturkan bahwa opsi tersebut sudah mati.

"Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa dia hanya ingin negosiasi langsung dengan Palestina. Tapi, sayangnya opsi tersebut sudah terhenti saat ini," sambungnya.

Setelah bertemu Netanyahu, Ayrault akan melakukan perjalanan ke Ramallah di Tepi Barat untuk membahas inisiatif dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

Pertemuan internasional yang direncanakan digelar pada 30 Mei di Paris, diatur untuk menyertakan Kuartet Timur Tengah (Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa dan PBB), Liga Arab, Dewan Keamanan PBB dan sekitar 20 negara, tanpa Israel atau partisipasi Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9218 seconds (0.1#10.140)