Maduro Perintahkan Militer Venezuela Gelar Latihan Militer

Minggu, 15 Mei 2016 - 17:03 WIB
Maduro Perintahkan Militer Venezuela Gelar Latihan Militer
Maduro Perintahkan Militer Venezuela Gelar Latihan Militer
A A A
CARACAS - Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, mengumumkan bahwa latihan militer akan dimulai di negara itu untuk mengusir segala macam bentuk ancaman dan "skenario" apapun.

"Hari ini, Angkatan Bersenjata Nasional Bolivarian mengeluarkan pernyataan yang sangat jelas dan kuat, dan saya telah menyerukan untuk latihan militer nasional pada Sabtu depan untuk Angkatan Bersenjata. Warga dan militer perlu mempersiapkan diri untuk skenario apapun," katanya dikutip Sputnik dari media lokal, Minggu (15/5/2016).

Sebelumnya, Maduro telah mengumumkan negara dalam keadaan darurat pada Jumat kemarin. Pengumuman ini terjadi dua hari setelah harga minyak Venezuela turun ke titik terendah dalam 12 tahun. Selama ini, 96 persen anggaran Venezuela tergantung pada pendapatan minyak.

Selain itu, Maduro mengumumkan keadaan darurat karena mencurigai rencana kudeta terhadap pemerintah sayap kirinya yang didalangi OPEC dan Amerika Serikat (AS). Namun, Maduro tidak memberikan rincian detail soal kecurigaan rencana kudeta itu.

(Baca juga: Curiga AS Rencanakan Kudeta, Presiden Venezuela Nyatakan Darurat)

Kelompok oposisi Venezuela mengutuk pengumuman darurat ini dan bersumpah akan melengserkan Maduro dari kursi kepresidenan. Menurut kelompok oposisi, pengumuman keadaan darurat adalah sebuah bentuk putus asa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4880 seconds (0.1#10.140)