KTT Rusia-ASEAN Usung Isu Politik dan Keamanan

Senin, 09 Mei 2016 - 18:11 WIB
KTT Rusia-ASEAN Usung...
KTT Rusia-ASEAN Usung Isu Politik dan Keamanan
A A A
JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Rusia-ASEAN yang akan digelar di Sochi pekan depan akan mengusung isu politik dan keamanan.


Hal itu disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin, Senin (9/5/2016).


Menurut Galuzin, Rusia sangat terbuka untuk membahas semua isu yang dibawa oleh negara-negara ASEAN. Meski demikian, Rusia juga memiliki agenda tersendiri.


”Isu keamanan dan politik akan menjadi salah satu agenda dalam pertemuan Rusia dan ASEAN. Kami terbuka untuk isu apapun yang dibawa teman ASEAN kami," ucap Galuzin.


”Tentu saja kami juga memiliki agenda tersendiri yang kita sampaikan untuk didiskusikan dengan rekan ASEAN kami. Sebagai contoh, elaborasi rancangan keamanan di wilayah Pasifik kami yang baru, yang memiliki dasar yang berbeda dengan aliansi militer yang dipimpin Amerika Serikat. Dasar rancangan kami berdasarkan pendekatan kolektif, yang mencakup semua negara,” ujarnya.


Negara-negara ASEAN sendiri saat ini tengah dibuat khawatir dengan masalah terorisme dan pembajakan kapal yang disertai dengan penculikan. Saat ini, ada empat warga negara Indonesia dan empat warga negara Malaysia yang disandera kelompok bersenjata di Filipina.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)