Hamas Kerahkan Pasukan di Dekat Mesir untuk Adang ISIS

Jum'at, 22 April 2016 - 11:02 WIB
Hamas Kerahkan Pasukan...
Hamas Kerahkan Pasukan di Dekat Mesir untuk Adang ISIS
A A A
GAZA - Kelompok militan Hamas mengerahkan pasukan pada hari Kamis di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza untuk mengadang kelompok ISIS yang dikhawatirkan menyusup melalui perbatasan.

Langkah Hamas itu juga untuk menepis kekhawatiran Mesir bahwa Hamas membantu ISIS menyusup ke Semenanjung Sinai.

Mesir sebelumnya menuduh Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, menyediakan tempat yang aman untuk militan Sinai yang telah berafiliasi dengan ISIS. Namun, Hamas membantahnya dan kini membuktikan dengan mengerahkan pasukan.

Kelompok militan Sinai yang kerap melakukan serangan teror di Mesir telah bersumpah setia pada kelompok Islamic State (ISIS) yang dipimpin Abu Bakr Al-Baghdadi, sejak tahun lalu.

Pihak Hamas dan seorang pejabat senior keamanan Mesir mengatakan penyebaran pasukan itu merupakan bagian dari kesepakatan yang dicapai kedua pihak pada bulan lalu.


Ini menekankan bahwa (Hamas) berdiri untuk Palestina, untuk memperketat keamanan di perbatasan dan tidak ada yang merugikan Mesir,” kata juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri, seperti dikutip Al-Arabiya, semlam (21/4/2016).


Pejabat keamanan Mesir menyatakan kesepakatan baru itu mencakup kesediaan Hamas untuk menghentikan pembangunan terowongan dengan imbalan Mesir akan membuka perbatasan Rafah, pintu gerbang utama Gaza.

Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media. Pada hari Kamis, para militn bersenjata Hamas siaga di perbatasan Mesir-Gaza sepanjang 13 kilometer. Para pasukan Hamas mondar-mandir dengan truk pick-up.

Hubungan antara Hamas dan Mesir pernah memburuk setelah penggulingan militer Presiden Mohammed Morsi tahun 2013. Hamas sendiri dikenal sebagai cabang dari gerakan Ikhwanul Muslimin pendukung Morsi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0743 seconds (0.1#10.140)