Pentagon Sewot Pesawat AS Dicegat Jet Tempur Rusia

Minggu, 17 April 2016 - 19:04 WIB
Pentagon Sewot Pesawat AS Dicegat Jet Tempur Rusia
Pentagon Sewot Pesawat AS Dicegat Jet Tempur Rusia
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengatakan bahwa pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika Serikat (AS), RC-135, telah dicegat oleh jet tempur SU-27 Rusia dengan cara yang "tidak aman dan tidak profesional". Insiden itu terjadi di wilayah udara internasional di Laut Baltik pada hari Kamis lalu.

"Mencegat pesawat dengan cara tidak aman dan tidak profesional seperti ini memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan serius dan cedera semua awak pesawat yang terlibat," ujar juru bicara Pentagon, Laura Seal.

"Lebih penting lagi, tindakan tidak aman dan tidak profesional dari seorang pilot tunggal memiliki potensi untuk tidak perlu meningkatkan ketegangan antar negara," tambah Seal seperti dikutip dari ABC News, Minggu (17/4/2016).

Terkait hai ini, Rusia membantah telah melakukan tindakan ceroboh atau provokatif, tapi tindakan mereka telah dilihat sebagai hal yang memperburuk ketegangan diantara dua kekuatan yang saling bersaing.

Insiden ini menambah panjang insiden yang melibatkan kedua negara di Laut Baltik. Sebelumnya, pesawat Rusia dikabarkan bermanuver di dekat kapal perang AS, USS Donald Cook pada akhir pekan ini. Sedangkan pada hari Selasa lalu, jet tempur Su-24 Rusia terbang 9 meter di atas kapal perang AS dalam simulasi serangan, seperti dikatakan Komando militer AS Eropa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)