Palestina Tolak Ide Israel Soal Pembicaraan Damai

Rabu, 06 April 2016 - 16:38 WIB
Palestina Tolak Ide...
Palestina Tolak Ide Israel Soal Pembicaraan Damai
A A A
RAMALLAH - Kepala negosiator Palestina, Saeb Erekat menuturkan, pihaknya menolak ide Israel soal rencana pembicaraan damai putaran terbaru. Israel menginginkan pembicaraan damai tersebut dilakukan tanpa syarat.

Erekat menuturkan, pembicaraan damai yang dilakukan tanpa syarat hanya akan menguntungkan pihak Israel. Oleh karena itu, pihaknya menolak dengan tegas ide pembicaraan damai terbaru tersebut.

Dirinya mengatakan, Palestina hanya mau melakukan pembicaraan damai jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyetujui sejumlah hal yang diajukan Palestina. Salah satunya adalah Israel harus mengakui semua kesepakatan internasional yang ditandatangani kedua belah pihak.

"Dalam hal pertemuan itu diadakan, Netanyahu pertama harus mengumumkan akhir penyelesaian konflik, melepaskan tahanan yang ditangkap sebelum menandatangani perjanjian perdamaian Oslo pada tahun 1993 dan mengakui semua perjanjian perdamaian yang ditandatangani antara kedua belah pihak," kata Erekat.

"Jika Netanyahu tidak melakukan hal ini, tidak akan mungkin dimulainya kembali perundingan. Dalam kaitannya dengan hasutan, kita tahu bagaimana menanggapinya," sambungnya.

Ide mengenai pembicaraan damai tersebut disampaikan Netanyahu kala melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbad di Yerusalem. Dalam pertemuan itu kedua pemimpin juga membahas mengenai penghentian kekerasan di Yerusalem.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)