Azerbaijan Umumkan Hentikan Perang dengan Armenia

Minggu, 03 April 2016 - 19:11 WIB
Azerbaijan Umumkan Hentikan Perang dengan Armenia
Azerbaijan Umumkan Hentikan Perang dengan Armenia
A A A
BAKU - Pemerintah Azerbaijan mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pertempuran dengan separatis pro-Armenia di wilayah Nagorno-Karabakh. Penghentian perang ini terjadi setelah kedua belah pihak bertempur selama kurang lebih dua hari.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Azerbaijan menuturkan, setelah melakukan pembicaraan dengan sejumlah negara dan organisasi internasional, pihaknya mengambil keputusan untuk menghentikan pertempuran kontra separatis pro-Armenia.

"Setelah memperhitungkan pendekatan dari organisasi internasional, Azerbaijan telah memutuskan untuk secara sepihak menghentikan aksi militer dan akan mengkonsolidasikan peningkatan situasi di wilayah (Nagorno-Karabakh)," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reueters pada Minggu (3/4).

Seperti diketahui, perang yang pecah sejak Jumat kemarin itu itu berpangkal pada masalah wilayah Nagorno-Karabakh. Wilayah itu sejatinya terletak di dalam Azerbaijan, tetapi dikendalikan oleh etnis Armenia. Pihak Armenia merasa berkewajiban membela etnis-nya dan akhirnya terlibat perang dengan Azerbaijan di wilayah perbatasan dua negara itu.

Pada tahun 1994, dengan perantara Rusia, kedua negara sejatinya mencapai kata sepakat untuk melakukan gencatan senjata di wilayah tersebut, tetapi ketegangan kedua negara belum reda dan eskalasi sesekali pecah hingga saat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5869 seconds (0.1#10.140)