Obama Peringatkan Soal Ancaman Bom Nuklir ISIS

Sabtu, 02 April 2016 - 18:29 WIB
Obama Peringatkan Soal Ancaman Bom Nuklir ISIS
Obama Peringatkan Soal Ancaman Bom Nuklir ISIS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama memperingatkan akan kemungkinan ISIS atau teroris lain mendapatkan bom nuklir. Menurutnya, hal itu adalah ancaman paling serius yang dihadapi oleh dunia.

Obama mengatakan, risiko ISIS atau ekstrimis lain mendapatkan senjata nuklir tetap salah satu ancaman terbesar bagi keamanan global. Ia menambahkan, ISIS telah menggunakan senjata kimia dan Al-Qaeda telah lama mencari bahan nuklir.

"Tidak ada keraguan jika tangan orang-orang gila ini mendapatkan sebuah bom nuklir atau bahan nuklir, mereka pasti akan menggunakannya untuk membunuh orang sebanyak mungkin," katanya dalam KTT Keamanan Nuklir Internasional di Washington DC, dikutip dari Independent, Sabtu (2/4/2016).

Sementara itu Perdana Menteri Inggris David Cameron, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, menawarkan bantuan kepada negara-negara lain untuk memastikan teroris tidak bisa mendapatkan bahan radioaktif.

"Kita tahu bahwa kita saat ini sedang menghadapi teroris yang ingin membunuh orang sebanyak mungkin dan mereka bisa menggunakan bahan apapun yang bisa tangan mereka dapatkan. Jadi, jelas keamanan bahan nuklir, untuk negara-negara yang memiliki program nuklir, adalah sangat penting," tutur Cameron.

Sebelumnya, muncul kekhawatiran jika ISIS meledakkan "bom kotor", dimana bahan peledak konvensional digunakan untuk menyebarkan partikel radioaktif di wilayah yang luas, atau bahkan mampu membuat bom yang bisa menciptakan ledakan fisi dan menghasilkan awan jamur yang ditakuti.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5424 seconds (0.1#10.140)