Serangan Drone AS Tewaskan 8 Anggota Al-Qaeda

Minggu, 27 Maret 2016 - 20:59 WIB
Serangan Drone AS Tewaskan 8 Anggota Al-Qaeda
Serangan Drone AS Tewaskan 8 Anggota Al-Qaeda
A A A
SANAA - Sejumlah warga Yaman mengatakan, serangan pesawat tak berawak milik Amerika Serikat (AS) telah menewaskan 8 orang militan yang diduga anggota Al-Qaeda Yaman, AQAP.

"Dua rudal menghantam anggota Al-Qaeda yang tengah berkumpul di desa al-Hudhn dan Naqeel al-Hayala," kata seorang warga provinsi pesisir selatan Abyan seperti dilansir dari Reuters, Minggu (27/3/2016).

Serangan pesawat nir awak ini adalah bagian dari kampanye AS memerangai kelompok Al-Qaeda di Semenanjung Arab, AQAP. Sebelumnya, serangan udara AS menewaskan sedikitnya 50 militan Al-Qaeda. Serangan itu ditujukan terhadap sebuah kamp pelatihan al Qaeda di pegunungan Yaman selatan.

AQAP telah mengambil keuntungan dari perang Yaman yang melibatkan kelompok Houthi dengan pasukan yang setia kepada Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi. Mereka merebut sejumlah wilayah dan beroperasi secara lebih terbuka.

Kelompok ini telah melakukan serangan terhadap pemerintah Yaman dan sekutunya selama bertahun-tahun. Mereka sempat berencana meledakkan sebuah pesawat Trans Atlantik Amerika pada 2001 lalu, meski pada akhirnya gagal. Mereka mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kantor majalah Charlie Hebdo di Paris, Prancis, pada Januari 2015 lalu yang menewaskan 12 orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)