Indonesia dan Belanda Gencarkan Kerjasama 4 Bidang

Kamis, 24 Maret 2016 - 17:19 WIB
Indonesia dan Belanda...
Indonesia dan Belanda Gencarkan Kerjasama 4 Bidang
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Belanda sepakat untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama di empat bidang. Kesepakatan ini dicapai saat Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi bertemu Menlu Belanda, Bert Koenders, Kamis (24/3/2016) di Jakarta.


Empat kerjasama yang sepakat digencarkan itu adalah kerjasama di bidang investasi, pariwisata, pendidikan, dan manajemen perairan.


"Investasi. Belanda menjadi investor terbesar keempat di Indonesia, dan investasi tahun lalu lebih dari 1,3 miliar dolar Amerika Serikat dan juga di bidang pariwisata, karena turis yang datang dari Belanda 170 ribu orang tahun lalu. Banyak juga kerjasama dalam bidang lain seperti pendidikan,” kata Menlu Retno.


”Kemudian isu mengenai water management (manaajemen perairan) yang menjadi prioritas dalam diskusi bilateral. Ketika membicarakan mengenai water management, itu juga termasuk infrastruktur yang berhubungan dengan water management,” ujarnya.


Di bidang pendidikan Retno tidak merinci detail. Namun dia menginformasikan bahwa dirinya akan bertemu dengan generasi muda Indonesia di Erasmus.


”Kita juga diskusi sedikit tentang kelanjutan dari diskusi di Bali kemarin. Eropa saat ini sedang menghadapi migrasi dan mendapatkan pengalaman bagaimana untuk menangani isu ini. Belanda juga mendukung deklarasi Bali Proses,” imbuh Retno.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)