Kloter Kedua Jet-jet Tempur Rusia Tinggalkan Suriah

Rabu, 16 Maret 2016 - 17:23 WIB
Kloter Kedua Jet-jet Tempur Rusia Tinggalkan Suriah
Kloter Kedua Jet-jet Tempur Rusia Tinggalkan Suriah
A A A
MOSKOW - Kelompok terbang (kloter) kedua dari pesawat-pesawat jet tempur Rusia meninggalkan pangkalan udara Khmeimim di Provinsi Latakia, Suriah pada hari Rabu (16/3/2016) pagi. Demikian pengumuman Kementerian Pertahanan Rusia.

Kelompok lain pesawat Rusia lepas landas dari pangkalan udara di Khmeimim menuju ke tempat-tempat penyebaran permanen di wilayah Federasi Rusia,” bunyi pernyataan kementerian itu, seperti dikutip Russia Today.

Kementerian Pertahanan Rusia melanjutkan, dalam kloter kedua pesawat-pesawat jet tempur yang hengkang dari Suriah terdiri dari Su-25 dan dipimpin pesawat tempur strategis Il-76 atau Tu-154.


Setelah kloter itu mencapai perbatasan Rusia, setiap pesawat secara individu akan memisahkan dari skuadron dan kembali ke tempat asal penempatannya.
Langkah militer Rusia di hari kedua ini untuk menuruti perintah Presiden Vladimir Putin agar sebagian besar pasukan Rusia ditarik dari Suriah. Putin mengklaim, penarikan pasukannya dari Suriah karena misi tempur Moskow di negara itu telah tercapai.

Namun, tidak sedikit pihak menduga ada kejanggalan dalam keputusan Putin itu. Salah satu media Rusia, Vedemosti, menulis bahwa keputusan itu diambil karena Putin takut Rusia terjebak perang berlarut-larut di Suriah. Putin disebut takut jika perang Suriah akan mengulang Perang Vietnam dan Perang Afghanistan.

Rusia tidak pernah mengkonfirmasi berapa jumlah pesawat tempur yang dikerahkan untuk misi tempur di Suriah demi menolong sekutunya, rezim Presiden Bashar Al-Assad. Namun, beberapa laporan menyebut ada sekitar 60 pesawat jet tempur Rusia dan separuhnya telah ditarik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6033 seconds (0.1#10.140)
pixels