Menlu Ceko: Indonesia Adalah Negara yang Unik

Jum'at, 26 Februari 2016 - 19:52 WIB
Menlu Ceko: Indonesia Adalah Negara yang Unik
Menlu Ceko: Indonesia Adalah Negara yang Unik
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Ceko, Lubomir Zaoralek menyebut Indonesia adalah sebuah negara yang unik. Menurutnya, situasi di Indonesia dalam hal toleransi antar beragama adalah sesuatu hal yang jarang ditemui di negara dengan mayoritas Muslim lainnya.

Berbicara paska melakukan kunjungan ke Kathedral Jakarta dan Masjid Istiqlal, Zaoralek menyebut ini adalah kali pertama dirinya melihat ada gereja dan masjid berdiri berdampingan. Hal semacam ini menurutnya tidak akan ditemui, baik di Timur Tengah ataupun di Eropa.

"Ini bukan keadaan yang dapat ditemui di negara lain, misalnya di Timur Tengah. Ini adalah contoh juga bagi kami, khususnya tentang negara yang banyak terjadi kesalahan penerapan atau pehamaman akan suatu agama, apalagi di tengah krisis ini," kata Zaoralek pada Jumat (26/2).

Dirinya juga mengatakan, Indonesia bisa menjadi contoh yang baik bagi negara-negara di Eropa bagaimana toleransi antar umat yang sebenarnya. Di Eropa, menurutnya toleransi tidak seperti di Indonesia, orang-orang masih takut pada satu agama, sesuatu hal yang harus diubah, walaupun tidak mudah.

"Bagi kami di Eropa sulit untuk mempengaruhi orang-orang agar berubah dalam waktu singkat. Namun dalam jangka panjang ini adalah sesuatu yg menjadi tugas utama. Harus mulai mendidik dan mempengaruhi orang-orang. Anda adalah model yang baik untuk contoh toleransi, kalian menjadi contoh yang baik bagi kami," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6280 seconds (0.1#10.140)