Korut 'Bombardir' Korsel dengan Tisu Toilet

Selasa, 02 Februari 2016 - 15:29 WIB
Korut Bombardir Korsel...
Korut 'Bombardir' Korsel dengan Tisu Toilet
A A A
PYONGYANG - Perang proganda terjadi antara dua negara bertetangga di Semenanjung Korea. Terbaru, Korea Utara (Korut) membombardir Korea Selatan (Korsel) dengan balon berisi tisu toilet yang sudah di pakai, tisu, dan puntung rokok.

Balon-balon tersebut dilengkapi dengan timer dan alat peledak kecil. Balon-balon ini dirancang untuk menjatuhkan muatan mereka di Korsel dan menyampaikan pesan propaganda mereka kepada negara tetangganya itu.

"Hentikan siaran anti-Utara yang bisa menyalakan api peperangan," itu adalah salah satu pesan propaganda tersebut. Ada pula pesan propaganda yang menuduh Park Geun-hye, pemimpin Korsel, menjadi biang memburuknya ketegangan di Semenanjung Korea, seperti dikutip dari laman Telegraph, Selasa (2/2/2016).

'Serangan' balon-balon ini sempat membuat ciut pasukan keamanan Korsel yang berada di zona demiliterisasi. Mereka mengira, balon-balon yang diterbangkan dari Korut tersebut adalah serangan biokimia.

'Serangan' balon-balon ini adalah balasan aksi serupa yang dilakukan oleh Korsel pasca uji coba bom hidrogen Korut. Saat itu, Korsel melepaskan sejumlah balon yang berisi pesan propaganda. Pelepasan balon ini dibarengi dimulainya kembali siaran musik pop dan propaganda melalui pengeras suara ke Korut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9952 seconds (0.1#10.140)