Pesta Ultah di Meksiko Diberondong Tembakan, 9 Tewas

Selasa, 02 Februari 2016 - 08:24 WIB
Pesta Ultah di Meksiko Diberondong Tembakan, 9 Tewas
Pesta Ultah di Meksiko Diberondong Tembakan, 9 Tewas
A A A
GUERRERO - Pesta ulang tahun (ultah) remaja di Guerreo, Meksiko, berubah menjadi pembantaian massal setelah sembilan orang tewas diberondong tembakan.

Pesta ultah yang dikenal dengan istilah “Quinceanera”--tradisi ultah era kolonial Spanyol—itu sedianya merupakan pesta remaja yang merayakan usia 15 tahun. Penembakan massal itu terjadi pada 19 Januari 2016 lalu.

Dua anak di bawah umur termasuk di antara para korban tewas. Sedangkan tujuh korban tewas lainnya berusia 18-50 tahun.

Awalnya, 11 orang dilaporkan tewas, namun jumlah itu direvisi otoritas setempat. Kantor berita EFE, melaporkan, penembakan massal di perayaan ultah itu diduga dipicu perselihan dua keluarga.

Berbicara pada konferensi pers pada tanggal 31 Januari 2016, gubernur negara bagian Guerrero, Hector Astudillo, mengkonfirmasi penembakan massal itu. ”Ada masalah di pesta ulang tahun ke-15, dan menurut informasi yang kami miliki, 11 orang tewas,” katanya sebelum data korban tewas direvisi, seperti dikutip IB Times, Selasa (2/2/2016).

Menurut Astudillo, pejabat mencoba untuk mengakses ke tempat kejadian, tapi penembakan terus berlangsung.

Guerrero adalah negara bagian paling berdarah di Meksiko. Kekerasan sering pecah di antara kartel narkoba di wilayah itu.

Menurut data yang dirangkum oleh koran La Jornada, setidaknya 324 orang dibunuh di Guerrero antara Oktober dan Desember 2015. Sebagian besar kematian terkait bisnis narkoba.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4935 seconds (0.1#10.140)