Menlu AS Kunjungi Moskow, 'Jurus' Obama Isolasi Rusia Diolok-olok

Selasa, 15 Desember 2015 - 17:02 WIB
Menlu AS Kunjungi Moskow, Jurus Obama Isolasi Rusia Diolok-olok
Menlu AS Kunjungi Moskow, 'Jurus' Obama Isolasi Rusia Diolok-olok
A A A
MOSKOW - Strategi Pemerintahan Presiden Barack Obama yang sesumbar akan mengisolasi Rusia sebagai imbas dari krisis Ukraina menjadi bahan olok-olokan politikus Moskow. Strategi Obama dianggap gagal dengan bukti Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, John Kerry mengunjungi Moskow hari ini (15/12/2015).

John Kerry mengunjungi Moskow setelah sekitar tujuh bulan Menlu AS itu bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, di Sochi.


Kerry telah datang. Obama diam-diam mengubur mayat kebijakan isolasi di kebun Gedung Putih sehingga tidak ada yang akan melihatnya. Tak seorang pun bahkan berpikir tentang strategi ini lagi,” ledek anggota parlemen Rusia, Alexei Pushkov, via Twitter.

Perubahan kebijakan politik Washington itu sekaligus membuktikan bahwa AS membutuhkan Rusia dalam mengatasi tantangan global, termasuk soal terorisme internasional.

Meski AS dan Rusia masih bersebarangan dalam operasi militer di Suriah, tapi banyak politisi AS dan pakar politik mengakui serangan kontraterorisme Rusia di negara yang dilanda perang tersebut efektif.

Kita tidak bisa berharap jauh bahwa Putin telah menciptakan fakta (di Suriah), bahwa seluruh dunia sekarang harus memperhitungkan (Rusia). Termasuk John Kerry,” tulis Politico mengutip pernyataan Andrew Weiss, seorang ahli di Carnegie Endowment for International Peace.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5222 seconds (0.1#10.140)