Indonesia Harap Transisi di Myanmar Berjalan Mulus

Jum'at, 13 November 2015 - 18:24 WIB
Indonesia Harap Transisi...
Indonesia Harap Transisi di Myanmar Berjalan Mulus
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia berharap pemindahan kekuasaan atau masa transisi Pemerintahan di Myanmar bisa berjalan mulus.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah menyampaikan selamat atas kemenangan partai Aung San Suu Kyi di Myanmar. Pemilu di Myanmar itu dinilai telah berjalan lancar dan demokratis.

"Kita harapkan transisinya mulus dan Indonesia sudah mengatakan bahwa Indonesia siap melanjutkan kerja sama dalam bidang demokratisasi dengan Myanmar," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Karena, lanjut Retno, antara Pemerintah Indonesia dengan Myanmar sudah mulai menjalin kerja sama di bidang demokratisasi.

"Kita menyampaikan komitmen untuk melanjutkan itu," pungkasnya.

Seperti diketahui, Myanmar bertahun-tahun di bawah naungan militer. Namun, hari ini proses demokrasi telah memenangkan Partai Aung San Suu Kyi di ranah pemilihan parlemen.

Hari ini, Komisi Pemilihan Umum Myanmar mengumumkan Nasional League For Democracy Party telah memenangkan 348 kursi di parlemen yang sudah termasuk kursi di lower dan upper house.

Jumlah tersebut lebih banyak dari suara yang dibutuhkan, yaitu 329 kursi dari total 664 anggota parlemen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8568 seconds (0.1#10.140)