ISIS Disebut Bakal Punya Senjata Pemusnah Massal

Minggu, 18 Oktober 2015 - 15:17 WIB
ISIS Disebut Bakal Punya Senjata Pemusnah Massal
ISIS Disebut Bakal Punya Senjata Pemusnah Massal
A A A
LONDON - Mantan Kepala Tim Nuklir tentara Inggris mengatakan, ISIS pasti akan membangun atau memperoleh senjata pemusnah massal. Pasalnya, saat ini, kelompok tersebut telah mempunyai senjata kimia seperti gas mustard.

Menurut Hamish de Bretton-Gordon, yang sebelumnya memimpin resimen Kimia Biologi Radiologi dan Nuklir (CBRN) Angkatan Darat Inggris, hanya tinggal masalah waktu bagi ISIS sebelum berhasil melancarkan serangan yang mampu menghancurkan sebagian besar kota.

"Isis telah diketahui ingin memperoleh senjata pemusnah massal. Mereka menjalankan kampanye perang psikologis yang canggih dan sukses. Dan sekarang serangan mereka berbasikan pada CBRN, senjata pamungkas yang disimpannya dalam gudang," katanya seperti dikutip dari laman Express, Minggu (18/10/2015).

Gordon mengatakan, ISIS telah berhasil menguasai uranium yang diambil dari Universitas Mosul di Irak. "Uranium yang mereka miliki belum bisa digunakan sebagai senjata, tetapi kita tahu mereka telah merekrut para ilmuwan untuk mengembangkan senjata kimia dan nuklir," katanya.

Gordon juga mengatakan, untuk mengubah satu uranium tunggal yang dimilikinya menjadi senjata mematikan, ISIS harus merogoh kocek sebesar USD26 juta. ISIS sendiri diyakini memiliki dana untuk melakukan itu.

Sebelumnya, pihak FBI bersama kepolisian Moldova berhasil menggagalkan empat upaya yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kejahatan terorganisir Rusia untuk memasok bahan radioaktif kepada ekstrimis jihad. (Baca juga : Moldova Gagalkan Penyelundupan Bahan Nuklir ke ISIS)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7019 seconds (0.1#10.140)