Jet Tempur Rusia Dikabarkan Ditembak Jatuh Pesawat Turki

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 12:34 WIB
Jet Tempur Rusia Dikabarkan Ditembak Jatuh Pesawat Turki
Jet Tempur Rusia Dikabarkan Ditembak Jatuh Pesawat Turki
A A A
ANKARA - Sebuah jet tempur Rusia dikabarkan telah ditembak jatuh oleh pesawat militer Turki setelah terbang ke wilayah udara negara itu. Kabar itu dilansir sejumlah media Barat dan Timur Tengah, namun belum dikonfirmasi kebenarannya.

Menurut laporan Daily Star, Sabtu (10/10/2015), saksi mata melihat sebuah ledakan besar di Huraytan, Suriah utara, sementara tiga jet tempur melayang di atasnya.

Beberapa wartawan Timur Tengah melalui Twitter melaporkan, bahwa ada tiga pesawat Turki yang merespon objek misterius mirip pesawat jet tempur MIG-29 yang digunakan pasukan Kremlin.

Beberapa media itu telah mencoba menghubungi Pemerintah Turki dan militer Rusia untuk mengkonfirmasi kabar itu, namun gagal.

Laporan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Barat, setelah pesawat jet tempur Rusia melanggar wilayah udara Turki beberapa hari lalu. Kala itu, beberapa pesawat jet tempur F-16 Turki bergegas mencegat pesawat MIG-29 Rusia yang terkunci oleh radar pesawat Turki di dekat Kota Yayladagi, di Provinsi Hatay, dekat perbatasan dengan Suriah.

Pesawat-pesawat tempur Turki itu kemudian mengawal pesawat jet Rusia kembali ke wilayah udara Suriah. Kremlin sendiri mengakui insiden itu sebagai sebuah “kesalahan” yang tak disengaja.

Setelah insiden itu, Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, memperingatkan Rusia bahwa militer Turki tidak akan segan-segan menembak jatuh pesawat tempur asing yang menerobos wilayah udaranya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5363 seconds (0.1#10.140)