Erdogan: Intelijen Turki Habisi Pemimpin Teroris ISIS di Suriah

Senin, 01 Mei 2023 - 07:46 WIB
loading...
Erdogan: Intelijen Turki Habisi Pemimpin Teroris ISIS di Suriah
Presiden Recep Tayyip Erdogan umumkan operasi intelijen Turki telah menewaskan pemimpin ISIS Abu Hussein al-Qurashi di Suriah. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Intelijen Nasional Turki (MIT) telah membunuh pemimpin kelompok teroris Islamic State (ISIS) selama operasi di Suriah.

"Tersangka pemimpin Daesh, nama kode Abu Hussein al-Qurashi, telah dinetralkan dalam operasi yang dilakukan kemarin (hari Sabtu) oleh MIT di Suriah," kata Erdogan dalam sebuah wawancara dengan media Turki pada hari Minggu.

Daesh adalah sebutan lokal untuk ISIS.

"Organisasi Intelijen Nasional telah mengikuti apa yang disebut pemimpin Daesh Abu Hussein al-Quraishi untuk waktu yang lama. Orang ini dimusnahkan selama operasi yang dilakukan oleh MIT di Suriah kemarin. Kami akan melanjutkan perjuangan kami dengan [menumpas] organisasi teroris, tanpa membuat perbedaan di antara mereka," imbuh Erdogan, seperti dikutip Reuters, Senin (1/5/2023).



Pemimpin ISIS Abu Hussein al-Qurashi yang Dihabisi Turki


Abu Hussein al-Qurashi adalah "khalifah" keempat ISIS. Dia menjadi pemimpin kelompok teroris itu sejak 30 November 2022 hingga pada kematiannya, 29 April 2023.

Posisinya sebagai pemimpin ISIS pernah diumumkan oleh juru bicara kelompok tersebut, Abu Omar Al-Muhajir, dalam rekaman audio yang menyatakan bahwa pemimpin sebelumnya; Abu al-Hasan al-Hashimi al-Qurashi, tewas dalam pertempuran.

Abu Hussein digambarkan sebagai veteran ISIS dan anggota setia kelompok tersebut.Pada Januari 2023, saluran kepemimpinan pembangkang terkemuka anti-ISIS menuduh bahwa Abu Hussein adalah orang Irak seperti para pendahulunya dan ditunjuk oleh dewan syura yang dipimpin oleh Abdul Raouf al-Muhajir.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)