MI5 Pantau 3.000 Tersangka Teroris di Inggris

Jum'at, 18 September 2015 - 19:30 WIB
MI5 Pantau 3.000 Tersangka...
MI5 Pantau 3.000 Tersangka Teroris di Inggris
A A A
LONDON - Badan intelijen Inggris (MI5) dan pihak kepolisian tengah memonitor 3.000 tersangka teroris di Negeri Ratu Elizabeth itu. Mereka diduga akan melakukan serangan teroris di Inggris. Para tersangka ini terdiri dari kelompok pria dan wanita dan berusia remaja. Ditengarai, ratusan dari mereka kemungkinan telah menjalani latihan di Suriah sebagai anggota ISIS, sebelum akhirnya kembali ke Inggris.

Kepala MI5, Andrew Parker telah memberi peringatan jika Inggris tengah menghadapi ancaman teror yang belum pernah terjadi sebelumnya, dimana warga muslim Inggris yang fanatik dapat berubah menjadi muslim radikal hanya dalam hitungan minggu. Parker mengatakan, pihaknya telah menggagalkan enam rencana teroris dalam setahun terakhir.

"Angka ini adalah jumlah yang tertinggi yang saya ingat dalam 32 tahun karir saya sejak insiden 9/11," kata Parker sembari menambahkan pihaknya telah membantu menggagalkan 9 rencana aksi teroris di luar negeri, dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (18/9/2015).

"Sebagian besar orang yang terlibat dalam terorisme di negeri ini adalah orang-orang yang lahir dan dibesarkan di sini, melalui sistem pendidikan kita dan telah menetapkan jika negara asal mereka, negara kelahiran mereka, adalah musuh mereka," tutur Parker.

Pemerintah Inggris sendiri sebelumnya, lewat pernyataan Perdana Menteri David Cameron menyatakan telah mengantongi sejumlah nama warga negaranya yang terbukti telah bergabung dengan kelompok teroris. Dua diantara sekian banyak nama itu telah tewas akibat serangan pesawat drone. Mereka adalah Ruhul Amin dan Reyaad Khan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2207 seconds (0.1#10.140)