Gempa dan Tsunami Chile, 5 Tewas dan 1 Juta Orang Ngungsi

Kamis, 17 September 2015 - 14:26 WIB
Gempa dan Tsunami Chile, 5 Tewas dan 1 Juta Orang Ngungsi
Gempa dan Tsunami Chile, 5 Tewas dan 1 Juta Orang Ngungsi
A A A
SANTIAGO - Gempa besar berkekuatan 8,3 skala richter (SR) di Chile yang disusul tsunami di beberapa pantai telah menewaskan lima orang pada Kamis (17/9/2015). Selain itu, 1 juta warga Chile mengungsi.

Gempa telah mengguncang beberapa bangunan di Ibu Kota Santiago. Beberapa daerah di Chile dilaporkan telah mencabut peringatan tsunami namun warga diminta tetap waspada.

Presiden Chile, Michelle Bachelet, mengatakan bahwa dia berencana untuk melakukan perjalanan kedaerah yang paling parah terkena gempa. Gempa kali ini dianggap yang terbesar yang pernah menghantam Chile sejak 2010.

”Sekali lagi kita harus berurusan dengan pukulan keras lain dari alam,” kata Bachelet dalam sebuah pernyataan yang disiarkan stasiun televisi setempat, seperti dikutip Reuters.

Tayangan televisi menunjukkan banyak orang panik dan berkumpul di berbagai jalan. Sedangkan beberapa bangunan rusak akibat diguncang gempat.

Gelombang tsunami juga telah membanjiri jalan-jalan di beberapa kota di sepanjang pantai. Namun, masih berskala kecil meski Angkatan Laut Chile sempat melaporkan ada gelombang tsunami setinggi 4,5 meter di Kota Pantai di Coquimbo.

Warga Chile merasa bencana besar ini akan bertahan lama, terlebih setelah gempa besar pertama ada lima gempa susulan. ”Ini akan menjadi malam yang panjang,” kata Ronny Perez di Kota Illapel, Chile, yang berjarak sekitar 46 km dari pusat gempa. Di kota itu listrik padam dan beberapa bangunan roboh.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5691 seconds (0.1#10.140)