ISIS Serang Pangkalan Udara Terakhir Milik Pemerintah Suriah

Kamis, 10 September 2015 - 18:21 WIB
ISIS Serang Pangkalan Udara Terakhir Milik Pemerintah Suriah
ISIS Serang Pangkalan Udara Terakhir Milik Pemerintah Suriah
A A A
DAMASKUS - Puluhan tentara pemerintah Suriah dan anggota kelompok ekstrimis ISIS tewas setelah keduanya terlibat pertempuran di sekitar pangkalan udara yang dikuasai oleh pemerintah di timur Suriah. Wilayah ini sejatinya adalah daerah yang dikuasai oleh kelompok pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi itu.

Setidaknya 18 tentara dan 23 anggota ISIS tewas. Menurut Observatorium HAM untuk Suriah, anggota ISIS menggunakan dua bom mobil untuk menyerang pangkalan udara dekat kota Deir al-Zor, dimana pasukan pemerintah bermarkas. Pangkalan ini adalah pangkalan militer terakhir yang kuasai oleh pasukan pemerintah Bashar al-Assad, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/9/2015).

Setelah berkecamuk lebih dari empat tahun, wilayah yang dikuasai oleh Assad kini hanya sebatas pada kota-kota di sebelah barat sedangkan sisanya dikuasai oleh ISIS, dan kelompok-kelompok pemberontak lainnya, atau milisi Kurdi, yang menguasai sebagian wilayah utara.

Sebelumnya, pasukan pemerintah telah kehilangan pangkalan udara Abu al-Duhur yang berada di Provinsi Idlib setelah dikepung selama dua tahun oleh kelompok pemberontak termasuk oleh kelompok sayap Al-Qaeda, Front Nusra.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7465 seconds (0.1#10.140)