Iran Anggap Assad Bagian dari Solusi Suriah

Kamis, 03 September 2015 - 21:11 WIB
Iran Anggap Assad Bagian...
Iran Anggap Assad Bagian dari Solusi Suriah
A A A
DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad, dinilai memiliki peran yang penting dalam perang melawan terorisme dan dalam setiap penyelesaian politik untuk perang sipil yang menghancurkan Suriah.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian, setelah melakukan pertemuan dengan Assad, seperti disutat dari Associated Press, Kamis (3/9/2015).

Menurut Abdollahian, kesuksesan setiap upaya untuk mencari solusi harus mempertimbangkan hak rakyat Suriah untuk membentuk masa depan mereka. "Iran sangat menghargai peran penting dan sentral Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam melanggengkan persatuan nasional Suriah dan dalam memerangi terorisme," ujarnya.

Sementara kompatriot Abdollahian, Wakil Menteri Luar Negeri Suriah, Faysal Mekdad mengatakan, Suriah memiliki sejumlah pertanyaan atas inisiatif de Mistura ini, merujuk upaya damai yang dilakukan oleh diplomat utusan PBB, Staffan de Mistura. "Setelah kita mendapatkan jawaban, kami akan mengumumkan sikap kita terhadap inisiatif tersebut," katanya.

Dewan Keamanan PBB pada bulan lalu mensahkan rencana Staffan de Mistura untuk melakukan pembicaraan damai yang baru untuk mengakhiri konflik di Suriah yang telah memasuki tahun ke lima.

Pembicaraan damai ini mencakup pembicaraan tentang transisi politik menuju pemilu yang demokratis dan cara terbaik untuk memerangi terorisme. Namun, tidak ada pembahasan mengenai masa depan Bashar al-Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0717 seconds (0.1#10.140)