Soal Perjanjian Nuklir Iran, Obama Dapat Dukungan Senat

Kamis, 03 September 2015 - 16:26 WIB
Soal Perjanjian Nuklir...
Soal Perjanjian Nuklir Iran, Obama Dapat Dukungan Senat
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dapat bernapas lega, setelah perjanjian nuklir Iran akhirnya mendapat dukungan dari 34 senator. Senator terakhir yang memberikan dukungannya adalah Barbara Mikulski, seorang senator asal Partai Demokrat.

Dilansir dari Reuters, Kamis (3/9/2015), dengan modal 34 suara dari Senat, maka Obama akan mempunyai hak veto untuk setiap resolusi yang diambil oleh Kongres AS terkait perjanjian nuklir Iran. Dukungan 34 senator ini berasal dari 32 senator Demokrat dan dua senator independen.

"Tidak ada kesepakatan sempurna, terutama saat bernegosiasi dengan rezim Iran. Saya telah menyimpulkan jika perjanjian nuklir Iran adalah pilihan terbaik yang tersedia untuk mengagalkan Iran memiliki bom nuklir. Untuk alasan ini saya akan memilih mendukung kesepakatan ini," kata Mikulski dalam sebuah pernyataan.

Kongres AS akan mengadakan pertemuan pada bulan depan untuk membahas apakah menerima perjanjian internasional nuklir Iran atau menolaknya. Menurut perjanjian itu, sanksi yang dijatuhkan oleh PBB akan dicabut jika Teheran bersedia melakukan pembatasan terhadap program nuklirnya.

Sejauh ini, Partai Republik dengan suara bulat menentang kesepakatan tersebut. Penentang perjanjian internasional itu tidak hanya berasal dari Partai Republik, tapi juga dari dua anggota senat asal Partai Demokrat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)