Video Bocor, Biden Akui Kesepakatan Nuklir Iran Mati Meski Perundingan Berlanjut

Rabu, 21 Desember 2022 - 07:33 WIB
loading...
Video Bocor, Biden Akui Kesepakatan Nuklir Iran Mati Meski Perundingan Berlanjut
Presiden AS Joe Biden. Foto/gedung putih
A A A
WASHINGTON - Joe Biden adalah wakil presiden ketika Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) diratifikasi oleh presiden saat itu Barack Obama pada tahun 2015.

Dia sejak itu berjanji mencabut keputusan pendahulunya Donald Trump yang menarik diri dari kesepakatan itu, tetapi pembicaraan antara AS dan Iran terhenti sejak Agustus.



Satu video muncul dari Joe Biden yang menyatakan kesepakatan energi nuklir damai dengan Iran sudah "mati" bahkan saat perundingan berlanjut.



Presiden AS membuat komentar tersebut kepada para emigran Iran pada rapat umum kampanye dengan sesama anggota Kongres Partai Demokrat Mike Levin di Oceanside, California pada 4 November 2022, pada saat protes kekerasan berkecamuk di Iran dengan dukungan dari Washington.

"Presiden Biden, bisakah Anda mengumumkan bahwa JCPOA sudah mati? Bisakah Anda mengumumkannya saja?" tanya seorang wanita. Biden menjawab, "Tidak", mendorong wanita itu untuk bertanya, "Mengapa tidak?"

"Banyak alasan. Sudah mati, tapi kami tidak akan mengumumkannya," ujar Biden padanya. "Ceritanya panjang, tapi kami akan memastikan..."

Biden tampak tidak terpengaruh ketika wanita itu dengan meremehkan menyebut pemerintah Iran sebagai "para Mullah".

"Kami hanya tidak ingin ada kesepakatan dengan para Mullah," ujar wanita itu. "Tidak Ada Kesepakatan! Mereka tidak mewakili kami, mereka bukan pemerintah kami."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)