AS Berencana Kirim Pesawat Pembom ke Korsel

Senin, 24 Agustus 2015 - 13:56 WIB
AS Berencana Kirim Pesawat Pembom ke Korsel
AS Berencana Kirim Pesawat Pembom ke Korsel
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) dilaporkan berencana mengirim pesawat pembom strategis B-52 ke Korea Selatan (Korsel). Penyebaran pesawat ini merupakan permintaan dari Korsel, yang saat ini tengah bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan perang dengan Korea Utara (Korut).

"Untuk menjaga fokus dalam krisis di semenajung Korea, AS dan Korsel secara fleksibel sedang meninjau waktu untuk penyebarang aset-aset strategis AS," ucap juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Kim Min-seok dalam sebuah pernyataan.

Namun, Min-seok enggan memberikan rincian berapa banyak pesawat dan jenis pesawat yang akan diterjunkan. Keterangan mengenai jenis pesawat yang akan dikirimkan oleh AS diutarakan oleh seorang sumber militer Korsel.

Selain mengirimkan pesawat pembom, Korsel juga meminta AS untuk mengerahkan kapal selam tenaga nuklir mereka yang saat ini berlabuh di Yokosuka, Jepang ke semenanjung Korea.

Pengerahan kapal selam tersebut diduga untuk mendeteksi puluhan kapal selam Korut yang dikerahkan kemarin. Sejauh ini, Korsel memang belum bisa mendeteksi ke arah mana saja Korut mengirimkan puluhan kapal selam tersebut.

Di kesempatan yang sama, dirinya juga menegaskan bahwa pengirimkan pesawat pembom ini bukan ditujukan untuk menyerang Korut. "Ini hanyalah bentuk pencegahan," ucapnya seperti dilansir Yonhap pada Senin (24/6/2015).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8651 seconds (0.1#10.140)
pixels