Arab Saudi Kantongi Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri

Minggu, 09 Agustus 2015 - 19:22 WIB
Arab Saudi Kantongi Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri
Arab Saudi Kantongi Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri
A A A
JEDDAH - Otoritas keamanan Arab Saudi berhasil mengantongi identitas pelaku bom bunuh diri di masjid yang berada di lingkungan Akademi Kepolisian di Provinsi Asir pada Kamis kemarin. Dalam keterangannya, pelaku adalah warga Arab Saudi dan pernah berurusan dengan pihak kepolisian sebelumnya.

Seperti dikutip dari aljazeera, Minggu (9/8/2015), Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan, pelaku adalah Yussef bin Suleiman bin Abdullah al-Suleiman dan berusia 21 tahun. Dalam melakukan aksinya, Suleiman meledakan rompi yang berisi bahan peledak di masjid dan menewaskan 15 orang dan melukai sembilan orang lainnya.

Seorang juru bicara kementerian, dikutip dari televisi pemerintah Al-Ekhbariya, mengatakan 11 dari korban tewas adalah polisi dan empat orang lainnya adalah warga negara Bangladesh yang bekerja di kompleks markas polisi.

Pelaku diketahui pernah ditangkap pada dua tahun lalu karena ikut berpartisipasi dalam pendudukan kota Buraida yang menyerukan pembebasan tahanan. Ia kemudian dibebaskan 45 hari kemudian setelah penyelidikan tidak berhasil membuktikan ia bersalah.

Sebelumnya, kelompok ISIS mengaku sebagai pihak yang bertanggung jawab atas aksi bom bunuh diri itu. Aksi bom bunuh diri itu adalah serangan yang paling mematikan yang ditujukan kepada otoritas keamanan Arab Saudi dalam beberapa pekan terakhir. ISIS juga mengaku bertanggung jawab atas dua ledakan bom sebelumnya, dimana kesemuanya ditujukan kepada kelompok minoritas Syiah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5388 seconds (0.1#10.140)