Aparat India Tangkap 2 Simpatisan ISIS

Minggu, 09 Agustus 2015 - 11:43 WIB
Aparat India Tangkap 2 Simpatisan ISIS
Aparat India Tangkap 2 Simpatisan ISIS
A A A
PUNJAB - Dua pemuda asal Nigeria yang diduga akan bergabung dengan kelompok radikal Negara Islam Irak Suriah atau ISIS diamankan oleh pihak berwajib India. Mereka ditangkap di wilayah perbatasan India-Pakistan setelah berhasil melewati pagar berduri.

Pasukan keamanan perbatasan India, (BSF) mengamankan Imran Kabeer dan Sani Jamilu. Keduanya berusia sekitar 24-25 tahun dan berasal dari wilayah Kano. BSF kemudian menyerahkan mereka kepada pihak kepolisian wilayah Punjab.

Saat diinterogasi, kepada pejabat BSF, keduanya mengaku ingin pergi ke Pakistan kemudian menuju Irak. Namun, mereka tidak membawa dokumen perjalanan yang resmi untuk memasuki wilayah Pakistan.

Kedua pemuda itu tiba di kota Sikh, ibukota Provinsi Amritsar, 30 km dari Punjab, pada hari Kamis lalu dari Delhi dengan menggunakan taksi.

Mereka sempat bersitegang dan dipaksa turun dari mobil oleh supir taksi karena berusaha untuk menipu. Mereka kemudian tiba di pos pemeriksaan terpadu Attari pada pagi kemarin.

"Menemukan gerbang tertutup, mereka bergerak menuju pagar kawat berduri di sepanjang jalur kereta api Attari-Wagah dan melompati pagar kawat berduri dan berpikir mereka telah memasuki kawasan Pakistan. Personil BSF yang melihat segera menangkap mereka," tutur seorang pejabat BSF seperti dikutip dari thenationonlineng, Sabtu (8/8/2015).

Karena kedua pemuda mengaku tujuan akhir mereka adalah Irak, maka pejabat keamanan meyakini jika keduanya berniat untuk bergabung dengan kelompok teroris ISIS. Imran Kabeer dan Sani Jamilu masuk ke India dengan menggunakan visa pelajar pada tahun lalu.

Imran tercatat sebagai mahasiswa di Karnataka State Open University. Sedangkan Sani saat ini duduk di semester ketiga di Mahatama Gandhi University. Kedua universitas itu berada di Delhi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4340 seconds (0.1#10.140)