Putin: Meski Kuat, AS Tetap Tak Boleh Semena-mena

Selasa, 28 Juli 2015 - 16:47 WIB
Putin: Meski Kuat, AS Tetap Tak Boleh Semena-mena
Putin: Meski Kuat, AS Tetap Tak Boleh Semena-mena
A A A
MOSKOW - Rusia menilai Amerika Serikat (AS) sebagai salah satu negara terkuat di dunia. Namun, seperti yang diutarakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, AS harus tetap patuh pada hukum internasional, dan tidak melakukan tindakan yang semena-mena.

"Tidak diragukan lagi, AS adalah kekuatan besar. Orang-orang Amerika mengembangkan negaranya dalam rentang beberapa abad. Ini adalah hasil yang luar biasa," kata Putin dalam sebuah pernnyataan.

"Tapi itu tidak berarti bahwa pemerintah AS saat ini memiliki hak untuk bergerak di seluruh dunia, menangkap orang dan membawa mereka ke penjara. Mereka bertindak dengan sesuai prinsip 'jika tidak sejalan dengan kami, maka kalian adalah musuh kami'," sambungnya, seperti dilansir Itar-tass pada Selasa (28/7/2015).

Sementara itu, ketika dimintai pendapat mengenai kebijakan-kebijakan luar negeri yang diambil oleh AS, yang terkadang terlalu dalam mengintervensi sebuah negara, Putin mengatakan, tidak bisa mengecam atau mengutuk kebijakan itu. Sebab, mungkin di mata AS, langkah itu sesuai dengan kepentingannya.

Namun, dirinya mengatakan akan terus mencoba melakukan pendekatan terhadap AS, dan mencoba berbicara dengan negara tersebut untuk membantu menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan dialog, dan bukan kekerasan.

"Rusia harus mempersenjatai diri dengan kesabaran dan bekerja dengan mitra Amerika kita untuk menguraikan solusi seperti yang kami lakukan di daerah tertentu, misalnya, seperti pada masalah nuklir Iran," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5803 seconds (0.1#10.140)
pixels