Pesawat Militer Rusia Dituduh Terobos Langit Finlandia

Sabtu, 27 Juni 2015 - 12:05 WIB
Pesawat Militer Rusia Dituduh Terobos Langit Finlandia
Pesawat Militer Rusia Dituduh Terobos Langit Finlandia
A A A
HELINSKI - Pemerintah Finlandia menuduh pesawat militer Rusia menerobos wilayah udara atau langit Finlandia. Aksi itu disebut terjadi pada 26 Juni 2015. Manuver pesawat militer Rusia itu dianggap yang terbaru dari serangkaian pelanggaran yang dilaporkan di wilayah Nordik.

Negara-negara di sebelah barat dan utara Rusia, termasuk negara-negara Baltik selama ini cemas bahwa Rusia akan kembali mengobarkan Perang Dingin. Negara-negara itu khawatir jadi korban agresi Rusia.

Kementerian Pertahanan Finlandia, seperti dikutip Reuters, Sabtu (27/6/2015) menyatakan, pesawat angkut militer Rusia IL-76 terlihat melintasi wilayah udara Kota Porvoo, Finlandia selatan.

“Penjaga Perbatasan Finlandia akan menyelidiki insiden tersebut secara resmi,” bunyi pernyataan kementerian itu. Penyelidikan, lanjut kementerian tersebut akan berlangsung dalam beberapa minggu.

Pemerintah Rusia belum merespons atas tuduhan terbaru itu. Namun, selama ini Rusia membantah laporan serupa dari Filandia yang pernah dilontarkan bulan Agustus tahun lalu. Pada tahun lalu, Finlandia menuduh pesawat tempur Rusia menerobos wilayah udaranya sebanyak lima kali.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7466 seconds (0.1#10.140)
pixels