Rusia Ancam Balas Setiap Ancaman dari Swedia dan Finlandia

Kamis, 07 Juli 2022 - 04:23 WIB
loading...
Rusia Ancam Balas Setiap Ancaman dari Swedia dan Finlandia
Rusia ancam akan balas setiap ancaman dari Swedia dan Finlandia setelah kedua negara itu bergabung dengan NATO. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Moskow pasti akan membalas setiap rintangan yang mungkin dibangunoleh Swedia atau Finlandia setelah mereka masuk ke NATO . Peringatan itu dilontarkan seorang wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia .

"Sambil bersiap-siap untuk bergabung dengan NATO, Helsinki dan Stockholm harus menyadari konsekuensi apa yang dapat ditimbulkannya. Rusia pasti akan menanggapi tindakan apa pun yang dapat diambil negara-negara (Nordik) untuk menimbulkan ancaman terhadapnya," kata Alexey Zaitsev pada konferensi pers seperti dikutip dari TASS, Kamis (7/7/2022).

Diplomat Rusia itu memperingatkan bahwa masuknya Swedia dan Finlandia ke dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara akan menjadi selangkah lebih dekat dengan eskalasi ketegangan politik dan militer di Eropa dan akan memperburuk keadaan di kawasan Baltik dan Arktik.

“Ada potensi yang jauh lebih kecil untuk kerja sama damai yang banyak diminati di wilayah (Nordik),” ujar Zaitsev.



"Akan sangat penting bagi Helsinki dan Stockholm untuk mengikuti arahan dari NATO di Brussels atau - tepatnya - dari Washington," imbuhnya.

Diplomat Rusia itu mengatakan Washington menggunakan KTT NATO di Madrid untuk menunjukkan "siapa bosnya". Dia menyayangkan bahwa kedua negara merdeka yang telah memberikan kontribusi substansial terhadap pengembangan elemen keamanan militer utama setelah Perang Dingin sebenarnya setuju untuk berbagi nasib yang sama dengan pinggiran NATO di dekat garis depan, pada kenyataannya, membuat diri mereka terseret ke dalam permainan geopolitik orang lain melawan Rusia.

Sebelumnya, peringatan juga telah dilontarkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin menanggapi bergabungnya Swedia dan Finlandia ke NATO.

Putin telah menunjuk ekspansi NATO ke arah timur di Eropa sebagai salah satu faktor kunci yang mendorongnya untuk memerintahkan invasi ke Ukraina pada bulan Februari. Tetapi ketika Finlandia dan Swedia menjadi anggota penuh, itu akan menempatkan dua negara NATO lagi atau sangat dekat dengan perbatasan darat Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)