AS Bandingkan Perilaku China dengan Rusia

Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:01 WIB
AS Bandingkan Perilaku China dengan Rusia
AS Bandingkan Perilaku China dengan Rusia
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) membandingkan perilaku China yang berambisi menguasai Laut China Selatan dengan perilaku Rusia yang dianggap membuat onar di Ukraina timur.

Wakil Menteri Luar Negeri AS,Antony Blinken, menyebut proyek reklamasi Laut China Selatan oleh Beijing sebagai ancaman. ”Bagi perdamaian dan stabilitas,” katanya.

AS, kata Blinken, tidak ambil bagian dalam sengketa maritim di Laut China Selatan. Tapi, AS bertekad mempertahankan hak kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan yang merupakan kawasan internasional.

”Jalan ke depan adalah untuk China dan semua pengklaim, agar membekukan kegiatan reklamasi mereka dan menyelesaikan perbedaan mereka sesuai aturan hukum,” ujar Blinken, seperti dikutip Reuters, Sabtu (27/6/2015).

”Di kedua hal, Ukraina timur dan Laut Cina Selatan, kami menyaksikan upaya untuk secara sepihak dan memaksa mengubah status quo. Sebuah pelanggaran, dan kami bersama sekutu kami akan melawan,” ujar Blinken dalam sebuah pidato.

Komentar diplomat AS itu muncul di saat ketegangan antara AS dan China semakin memanas. Sebelumnya, Kepala Intelijen AS, James Clapper, terang-terangan menuduh China sebagai tersangka utama serangan cyber besar-besaran terhadap jaringan komputer Kantor Manajemen Personalia Pemerintah AS, di mana data 4,2 juta pegawai Pemerintah AS telah dicuri.

Tuduhan itu membuat Beijing marah. Kementerian Luar Negeri China menyatakan, tuduhan Kepala Intelijen AS merupakan tuduhan yang tidak logis. Sebab, penyelidikan serangan cyber masih berlangsung dan tiba-tiba muncul penetapan tersangka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5579 seconds (0.1#10.140)