Kapal Tanker Malaysia Dirampok, 5 ABK Indonesia Lenyap

Selasa, 16 Juni 2015 - 18:03 WIB
Kapal Tanker Malaysia...
Kapal Tanker Malaysia Dirampok, 5 ABK Indonesia Lenyap
A A A
PUTRAJAYA - Sebuah kapal tanker asal Malaysia, MT Orkim Harmony dikabarkan dirampok oleh kawanan bajak laut di di perairan Tanjung Sedili, Malaysia. Semua anak buah kapal (ABK), termasuk lima asal Indonesia dikabarkan lenyap paska perampokan tersebut.

Total ada 22 ABK, dimana lima diantaranya adalah ABK asal Indonesia yang berada di dalam kapal yang membawa ribuan ton minyak tersebut. Ke-22 ABK tersebut tidak diketahui kebedarannya sejak kapal tersebut dirampok pekan lalu.

Wakil Direktur Jenderal Badan Pengawasan Maritim Malaysia (MMEA), Laksamana Madya Maritim Datuk Ahmad Puzi Ab Kahar seperti dilansir Bernama pada Selasa (16/6/2015), mengatakan, kapal tersebut diduga jadi korban kejahatan, karena kapal tersebut tidak mengeluarkan tanda bahaya.

"Dugaan terkuat kami, kapal tanker tersebut dirampok oleh bajak laut," kata Ahmad saat melakukan konferensi pers di Purtrajaya, Malaysia. "Jika kapal mengalami kebocoran, para ABK akan melakukan panggilan darurat. Bila kapal tersebut mengalami kecelakaan, maka akan ada jejak minyak tumpah," sambungnya.

Dirinya juga belum berani berspekulasi mengenai apakah para ABK tersebut disandera perompak atau tidak. Karena, menurutnya tidak ada permintaan uang tebusan yang diajukan oleh perompak hingga pukul 15.30 waktu setempat hari ini.

Saat dinyatakan hilang, kapal tanker MT Orkim Harmony hilang saat sedang berlayar dari Selat Malaka menuju Kuantan. Selain lima ABK asal Indonesia, terdapat juga 16 warga Malaysia, dan seorang warga Myanmar.

Lima ABK Indonesia di dalam kapal tersebut diketahui bernama Bambang Suryawan (43), Iwan Asriadi (39), Nelson Hasiholan Sitorus (35), Ntan Kombongan (30), dan Mawit Matin (46).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0555 seconds (0.1#10.140)