Iran Klaim Tahu Kelemahan ISIS

Minggu, 14 Juni 2015 - 12:16 WIB
Iran Klaim Tahu Kelemahan...
Iran Klaim Tahu Kelemahan ISIS
A A A
TEHERAN - Iran mengaku telah siap untuk membantu Irak mengalahkan ISIS. Negara tersebut menyebut telah memata-matai ISIS sejak beberapa waktu lalu, dan telah mengetahui cara ampuh untuk mengalahkan kelompok radikal tersebut.

"Angkatan Bersenjata Iran telah siap dan saat ini tengah bersiap-siap untuk menghancurkan ISIS," kata Menteri Intelijen Iran Mahmoud Alavi kala melakukan pertemuan dengan para pejabat Yazd, sepeti dilansir Sputnik pada Minggu (14/6/2015).

"ISIS saat ini sudah berada dalam pengawasan intelijen Iran," sambungnya.

Dirinya juga mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat intelijen Iran, ISIS diduga memiliki hubungan dengan intelihen Arab Saudi dan juga Israel. Iran sendiri merupakan salah satu negara yang paling getol membantu Irak dalam memerangi ISIS.

Negara tetangga Irak tersebut telah beberapa kali mengirimkan orang-orang terbaiknya untuk memberikan pelatihan dan arahan kepada pasukan Irak dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS.

Kehadiran anggota militer Iran di Irak sejatinya mendapat tentangan dari negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat (AS), karena dinilai memiliki agenda tersembunyi. Namun, Irak menegaskan bahwa Iran memiliki hak untuk membantu mereka melawan ISIS, karena unsur kedekatan dan persamaan budaya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)