AS dan China Bersaing Bikin Senjata Hipersonik Menakutkan

Kamis, 04 Juni 2015 - 08:58 WIB
AS dan China Bersaing Bikin Senjata Hipersonik Menakutkan
AS dan China Bersaing Bikin Senjata Hipersonik Menakutkan
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan China sedang bersaing untuk membuat senjata hipersonik yang menakutkan. AS, misalnya kini sedang membangun pesawat baru yang dapat melesat lebih dari 6.100 km/jam sambil membawa rudal mematikan.

Pesawat hipersonik AS itu sedang dikerjakan oleh Angkatan Udara AS dan Defense Advanced Projects Research Agency (DARPA). Kecepatan pesawat yang mereka rancang diklaim lima kali dari kecepatan suara.

Pesawat baru itu akan mengikuti jejak pesawat jet X-51 Waverider, yang berhasil melakukan perjalanan dengan kecepatan hipersonik pada Mei 2013.

Kepala Ilmuwan Angkatan Udara AS, Mica Endsley mengatakan kepada military.com bahwa, pesawat hipersonik itu siap digunakan pada 2023. Sampai saat ini, pesawat Waverider masih memegang rekor dunia untuk penerbangan hipersonik terpanjang.

Sedangkan senjata hipersonik yang dibuat China adalah rudal jelajah hipersonik. Rudal ini, seperti dilaporkan Washington Free Beacon, mampu melesat hingga 12.250 km/jam. Rudal ini dilaporkan mampu menerobos benteng pertahanan AS.

“China menunjukkan banyak kemampuan di daerah ini,” kata Endsley. ”Keuntungan dari (senjata) hipersonik tidak hanya itu tentang kecepatan, tapi itu bisa pergi untuk jarak yang jauh,” katanya lagi, sebagaimanan dilansir news.com.au, Kamis (4/6/2015).

China belum mengkonfirmasi laporan itu. Hubungan AS dan China sendiri saat ini sedang memanas. Hal itu dipicu klaim Laut China Selatan oleh Beijing yang diprotes AS dan negara-negara sekutunya di Asia. Terakhir, pesawat mata-mata tercanggih AS, Poseidon P-8 A didepak Angkatan Laut China dari Laut China Selatan setelah memata-matai proyek reklamasi Beijing di kawasan sengketa itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5486 seconds (0.1#10.140)