China Beberkan Strategi Hadapi AS di Laut China Selatan

Selasa, 26 Mei 2015 - 16:34 WIB
China Beberkan Strategi Hadapi AS di Laut China Selatan
China Beberkan Strategi Hadapi AS di Laut China Selatan
A A A
BEIJING - China membeberkan strategi untuk menghadapi ancaman yang muncul di kawasan Laut China Selatan. Strategi yang tercantum dalam dokumen yang dirilis oleh Dewan Negara ini muncul di tengah semakin panasnya hubungan China dengan Amerika Serikat (AS).

Dalam dokumen tersebut, seperti dilansir Reuters pada Selasa (26/5/2015), mengungkapkan akan adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan militer mereka. Bukan hanya kemampuan bertahan, China juga akan mengembangkan kemampuan ofensif militer mereka.

"Untuk perlindungan di laut lepas, yang semula hanya dari sistem pertahanan, kini menjadi sistem bertahan dan menyerang," bunyi dokumen yang sudah disahkan oleh Parlemen Negeri Bambu tersebut.

Mereka juga melemparkan kritikan tajam atas tindakan beberapa negara di Laut China Selatan, yang menurut mereka sangat provokatif.

Senada dengan isi dokumen tersebut, Juru bicara Kementerian Pertahanan China Yang Yujun menyatakan, pesawat-pesawat mereka di kawasan sengeketa dengan Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan dan Brunei Darusalam tersebut, akan mulai menerapkan posisi ofensif.

"Angkatan Udara kami akan mengalihkan fokusnya, dari hanya bertahan, ke bertahan dan menyerang, dan untuk itu perlu dibangun sebuah pasukan dengan dukungan militer yang kuat," ucap Yujun.

Sebagai bentuk realisasi atas strategi yang ada di dalam dokumen tersebut, pemerintah China dilaporkan langsung menaikan anggaran militer mereka. Negeri Komunis itu juga meningkatkan kinerja satelit dan pesawat tanpa awak-nya untuk melakukan pemantauan di kawasan sengketa itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7876 seconds (0.1#10.140)