Irlandia Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Minggu, 24 Mei 2015 - 11:19 WIB
Irlandia Legalkan Pernikahan Sesama Jenis
Irlandia Legalkan Pernikahan Sesama Jenis
A A A
DUBLIN - Pemerintah Irlandia akhirnya setuju untuk mengesahkan hubungan sesama jenis. Keputusan ini dibuat setelah terjadinya referendum, dimana hal ini telah menimbulkan perubahan dramatis di negara Katolik tradisional itu.

Rerefendum ini dilaksanakan setelah adanya kampanye "Yes" untuk pernikahan sesama jenis. Menteri Kesetaraan Hak Irlandia Aodhan O'Riordain, seperti dilansir Reuters semalam mengatakan, kampnye itu benar-benar memicu reaksi emosional masyarakat Irlandia.

"Peristiwa ini menyampaikan pesan tegas kepada setiap anak muda Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Irlandia dan kepada setiap anak muda LGBT di seluruh penjuru dunia," kata O'Riordain.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Irlandia, Leo Varadka yang sudah mengumumkan diri sebagai seorang gay pada awal 2015 mengatakan, referendum tersebut membawa revolusi sosial bagi Irlandia. Referendum pernikahan sejenis itu sendiri mendapat dukungan dari seluruh partai politik, pegawai perusahaan-perusahaan besar, dan dipromosikan selebriti.

Referendum serupa sempat terjadi pada tahun 1993 lalu, namun hanya sepertiga penduduk Irlandia yang mendukung pengesahan pernikahan sesama jenis tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5827 seconds (0.1#10.140)