Pasukan Meksiko dan Geng Narkoba Perang, 44 Tewas

Sabtu, 23 Mei 2015 - 10:29 WIB
Pasukan Meksiko dan Geng Narkoba Perang, 44 Tewas
Pasukan Meksiko dan Geng Narkoba Perang, 44 Tewas
A A A
GUADALAJARA - Pasukan keamanan Meksiko dan geng narkoba terlibat perang sengit di wilayah Meksiko barat kemarin. Kedua kubu baku tembak dan menewaskan 44 orang.

Kontak senjata itu merupakan salah satu insiden paling berdarah di wilayah Meksiko selama pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto.

Berbicara dalam kondisi anonimitas, pejabat Pemerintah Meksiko mengatakan dua polisi federal tewas dan satu lainnya terluka parah dalam baku tembak di dekat perbatasan negara bagian Michoacan dengan Jalisco. Wilayah itu merupakan kota terbesar kedua di Guadaljara, Meksiko.

Korban tewas lainnya ditemukan di sebuah peternakan di dekat Kota Tanhuato. Para korban diyakini anggota kartel narkoba Jalisco New Generation (JNG).

Salah satu pejabat Pemerintah Meksiko, seperti dikutip Reuters, Sabtu (23/5/2015) mengatakan bahwa polisi federal semula menerima informasi dari seseorang bahwa beberapa pria bersenjata telah berkumpul di kawasan peternakan. Tak berselang pasukan Meksiko tiba dan terjadi baku tembak.

“Di antara senjata yang digunakan oleh polisi adalah peluncur roket dan senjata kuat lainnya,” kata pejabat itu.

Perang antara pasukan Meksiko dengan geng narkoba sebelumnya pecah seminggu yang lalu di Tanhuato. Pertempuran terjadi setelah seorang calon walikota di wilayah itu dibunuh.

Menurut pemerintah Meksiko, Jalisco adalah salah satu wilayah “mesin ekonomi” Meksiko, dan geng JNG telah membuat Presiden Pena Nieto sakit kepala.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5915 seconds (0.1#10.140)