PBB Desak 3 Negara ASEAN Terima Pengungsi Rohingya

Selasa, 19 Mei 2015 - 23:41 WIB
PBB Desak 3 Negara ASEAN Terima Pengungsi Rohingya
PBB Desak 3 Negara ASEAN Terima Pengungsi Rohingya
A A A
JENEWA - Badan-badan PBB mendesak Indonesia, Malaysia, dan Thailand untuk meningkatkan operasi penyelematan di laut, dan menerima para pengungsi Rohingya dan Bangladesh.Dalam sebuah pernyataan bersama, yang turut dihadiri Organisasi Internasional untuk Migrasi atau IOM, mereka mendesak ketiga negara tersebut untuk menghentikan aksinya.

Ketiga negara tersebut memang disebut-sebut terus menolak para pengungsi, dan kembali mendorong kapal pengungsi ke tengah laut.

"Pihak berwenang harus menyediakan debrakasi yang efektif dan terprediksi kearah lokasi yang aman dengan kondisi yang memadai dan manusiawi," bunyi pernyataan bersama tersebut, seperti dilansir Reuters pada Selasa (19/5/2015).

Badan PBB dan IOM juga menyebut, ketiga negara tersebut harus turut membentuk sebuah prosedur, untuk bisa menyaring mana pengungsi sebenarnya dan mana korban perdagangan dan penyelundupan manusia.

"Mereka (Indonesia, Thailand dan Malaysia) juga harus menetapkan prosedur penyaringan untuk mengidentifikasi mereka yang membutuhkan perlindungan internasional sebagai pengungsi," sambungnya.

Sejatinya, dari ketiga negara tersebut, Indonesia adalah negara yang paling sedikit "menolak" para pengungsi Rohingnya dan Bangladesh. Ini terlihat dengan banyaknya pengungsi yang ditampung baik di Langsa, Aceh ataupun di Sumatra Utara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3809 seconds (0.1#10.140)