Yaman Dibombardir 36 Jam, Agresi Saudi Masuk Hari Ke-3

Sabtu, 28 Maret 2015 - 11:44 WIB
Yaman Dibombardir 36 Jam, Agresi Saudi Masuk Hari Ke-3
Yaman Dibombardir 36 Jam, Agresi Saudi Masuk Hari Ke-3
A A A
SANAA - Pesawat-pesawat jet tempur Arab Saudi dan negara-negara Teluk telah membombardir Yaman lebih dari 36 jam untuk memerangi milisi Houthi. Hari ini (28/3/2015) agresi itu berlanjut dan telah memasuki hari ketiga.

Pada agresi militer hari kedua, Jumat kemarin, lebih dari 40 persen pertahanan udara Yaman hancur. Hal itu disampaikan seorang perwira militer Yaman loyalis Presiden Mansour Hadi, Brigadir Jenderal Saleh al-Subaihi.

Konflik di Yaman sejatinya melibatkan milisi oposisi Houthi dengan kubu pemerintah Presiden Mansour Hadi. Dalam pertikaian itu, milisi oposisi bersekutu dengan pasukan loyalis mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh. Dalam konflik itu, kubu Presiden Hadi tersudut dan pada puncaknya, Istana Presiden Hadi di Sanaa, diserang milisi Houthi.

Namun, dengan dalih menyelamatkan pemerintah sah Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Hadi, Arab Saudi dan sembilan negara Teluk melakukan agresi militer untuk memerangi milisi Houthi. Iran yang dikenal sebagai sekutu Houthi marah dengan intervesi Saudi di Yaman. Namun, sampai saat ini Iran belum melakukan aksi militer. (Baca: Perang Dimulai, Saudi dan 9 Negara Teluk Bombardir Yaman)

Menurut pejabat keamanan Yaman, seperti dilansir Al Arabiya, Sabtu (28/3/2015), selama agresi militer dua hari di Yaman, sekitar 80 pasukan tewas. Sebagian korban adalah milisi Houthi, namun sebagian besar korban adalah pasukan loyalis mantan Presiden Saleh.

Laporan lain, menyebut 18 warga sipil tewas, termasuk enam anak ketika rumah-rumah warga di dekat Bandara Sanaa rata dibombardir pesawat-pesawat tempur koalisi Teluk. (Baca juga: Agresi di Yaman Meluas, Saudi dan Mesir Kerahkan Kapal Perang)

Menteri Luar Negeri Yaman, Riad Yassin, mengatakan, sudah ada rencana dari koalisi Teluk pimpinan Arab Saudi untuk menyebarkan pasukan darat di Yaman.”Ini adalah operasi militer yang komprehensif,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3393 seconds (0.1#10.140)