Via Telepon Obama Dukung Raja Salman Serang Yaman

Sabtu, 28 Maret 2015 - 10:19 WIB
Via Telepon Obama Dukung Raja Salman Serang Yaman
Via Telepon Obama Dukung Raja Salman Serang Yaman
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, melakukan percakapan telepon dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. Melalui telepon itulah, Obama memberikan dukungan kepada Raja Salman untuk menyerang Yaman guna memerangi kelompok oposisi Houthi.

Gedung Putih pada Sabtu (28/3/2015) mengkonfirmasi percakapan telepon antara Obama dan Raja Salman.”Presiden dan Raja Salman sepakat bahwa tujuan kita bersama adalah untuk mencapai stabilitas abadi di Yaman melalui solusi politik negosiasi yang difasilitasi oleh PBB dan melibatkan semua pihak yang diusulkan GCC (negara-negara Teluk),” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Bernadette Meehan, dalam sebuah pernyataan. (Baca: AS Dukung Agresi Militer Saudi di Yaman)

Meski memberikan dukungan, AS belum berencana ikut menyerang Yaman. Serangan Saudi dan negara-negara Teluk di Yaman itu berdalih untuk menyelamatkan pemerintah sah Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Mansour Hadi. Presiden Hadi, kini berada di Mesir setelah meninggalkan Yaman akibat diserang milisi oposisi Houthi.

Selain soal dukungan agresi Saudi ke Yaman, dalam percakapan telepon itu, Raja Salman menyampaikan terima kasih kepada Obama karena dua pilot Saudi diselamatkan aparat AS di wilayah Laut Merah. ”Sebuah pesawat jenis F-15 dilanda kesalahan teknis kemarin malam di atas Laut Merah,” demikian laporan kantor berita negara Saudi,SPA. (Baca: Jet Penyerang Yaman Rusak, 2 Pilot Saudi Diselamatkan AS)

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon merahasiakan kerusakan pesawat jet tempur Saudi itu. ”Aset militer AS dari USCENTCOM dan USAFRICOM menyelamatkan dua awak KSA (Arab Saudi),” kata seorang pejabat Pentagon.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5168 seconds (0.1#10.140)