Parlemen Italia Akui Negara Palestina

Sabtu, 28 Februari 2015 - 18:42 WIB
Parlemen Italia Akui Negara Palestina
Parlemen Italia Akui Negara Palestina
A A A
ROMA - Parlemen Italia melalui pemungutan suara pada hari Jumat mengakui pembentukan negara Palestina yang berdampingan dengan Israel. Namun, pengakuan parlemen ini tidak mengikat karena hak mengakui sebuah negara ada di tangan pemerintah Italia.

Pengakuan negara Palestina oleh parlemen Italia itu pertama kali disuarakan Partai Demokrat Italia. ”Tanpa syarat mendukung tujuan pembentukan negara Palestina yang berdampingan secara dalam perdamaian, keamanan dan kemakmuran hidup dengan negara Israel,” bunyi pernyataan partai pengusul pengakuan negara Palestina itu, seperti dilansir Russia Today, Sabtu (28/2/2015).

Usulan itu menyarankan agar kedua negara kembali pada peta wilayah pra-1967, dan berbagi Yerusalem sebagai ibu kota. Sebanyak 300 anggota parlemen memilih mengakui negara Palestina, sedangan 45 lainnya menolak.

Kendati mengakui negara Palestina, beberapa partai di Italia menolak kekerasan dan rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas.

Sementara itu, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) menyambut baik inisiatif pengakuan negara Palestina dari parlemen Italia. Namun, pengakuan dari parlemen belum berarti karena tidak ada pengakuan resmi dari pemerintah Italia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)