Jenderal NATO Tuduh Putin Kerahkan Ribuan Kendaraan Tempur

Kamis, 26 Februari 2015 - 18:41 WIB
Jenderal NATO Tuduh Putin Kerahkan Ribuan Kendaraan Tempur
Jenderal NATO Tuduh Putin Kerahkan Ribuan Kendaraan Tempur
A A A
WASHINGTON - Komandan NATO, Jenderal Philip Breedlove, mengatakan, situasi di Ukraina timur semakin parah setiap harinya. Dia menyalahkan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang dianggap telah mengerahkan ribuan kendaraan tempur ke Ukraina timur.

Kendati demikian, dia masih belum menerima keputusan soal opsi AS yang akan memasok senjata mematikan untuk pasukan Ukraina guna melawan separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

”Saya sudah menyiapkan saran saya dan sekarang sedang dalam proses untuk dipertimbangkan," kata Breedlove kepada wartawan. Dia menolak merinci apa saran yang dia maksud untuk Pentagon.

Komentar Jenderal NATO ini justru muncul di saat gencatan senjata mulai ditaati separatis pro-Rusia. Meski separatis pro-Rusia telah bersedia menarik sebagian besar kekuatan militernya, namun, wartawan Reuters, pada Kamis (26/2/2015) melihat artileri dipindahkan lagi ke garis depan depan setelah Rabu kemarin ditarik.

Meski menyalahkan Putin, Breedlove menolak menjawab ketika ditanya apakah bantuan militer ke Ukraina segera tiba. ”Mari kita periksa apa yang telah dilakukan Putin. Lebih dari 1.000 kendaraan tempur, pasukan tempur Rusia, beberapa senjata pertahanan udara paling canggih mereka, hingga batalion artileri,” ujarnya.

”Yang jelas adalah bahwa sekarang ini (Ukraina timur) tidak menjadi lebih baik, itu semakin buruk setiap hari.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4171 seconds (0.1#10.140)