Serangan AS di Yaman Diduga Tewaskan Pemimpin Al-Qaeda

Rabu, 05 November 2014 - 20:50 WIB
Serangan AS di Yaman Diduga Tewaskan Pemimpin Al-Qaeda
Serangan AS di Yaman Diduga Tewaskan Pemimpin Al-Qaeda
A A A
SANAA - Salah seorang pemimpin al-Qaeda di semenanjung Arab (AQAP) dan seorang komandan lapangan dari Ansar al-Sharia, kelompok militan Yaman yang berafiliasi dengan AQAP, dilaporkan tewas dalam sebuah serangan yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS).

Melansir Itar-tas, Rabu (5/11/2014), serangan yang dilakukan oleh pesawat nir awak AS itu dilaporkan menewaskan lima anggota militan. “Salah satunya diduga sebagai Shouki al-Badani, salah satu pimpinan AQAP,” ungkap pihak militer Yaman.

Al-Badani merupakan salah satu orang yang dicari oleh AS dan banyak negara lainnya. Dia diduga sebagai otak dari banyak aksi terorisme, termasuk di dalamya serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Yaman, dan serangan teroris di ibukota Yaman, Sanaa, di mana sekitar 100 tentara tewas.

Menurut laporan Departemen Luar Negeri AS pada Juni, hadiah sebeasr USD 100 ribu akan diberikan untuk siapapun yang memberikan informasi mengenai al-Badani. Dirinya dianggap sebagai salah satu teroris paling berbahaya di kawasan Timur Tengah.

Namun, hingga saat ini pihak AQAP sendiri belum memberikan pernyataan apapun mengenai kabar tewasnya salah satu pimpinan senior mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4530 seconds (0.1#10.140)