Boko Haram Umumkan Kekhalifahan di Nigeria

Senin, 25 Agustus 2014 - 14:02 WIB
Boko Haram Umumkan Kekhalifahan di Nigeria
Boko Haram Umumkan Kekhalifahan di Nigeria
A A A
GWOZA - Setelah ISIS mengumumkan kekhalifahannya beberapa waktu lalu, kini satu lagi kelompok militan yang turut mengumumkan telah membentuk sebuah kekhalifahan. Militan paling dicari dan berbahaya di Afrika, Boko Haram, dikabarkan telah melakukan hal tersebut.

Melansir Al Arabiya, Senin (25/8/2014), pemimpin Boko Haram mengatakan, ia telah menciptakan sebuah kekhalifahan di kota Gwoza, wilayah timur laut Nigeria. Gwoza merupakan salah satu kota yang sudah sepenuhnya berada di bawah kendali Boko Haram.

"Syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kemenangan kepada saudara-saudara kita di (kota) Gwoza dan menjadikannya bagian dari kekhalifahan Islam," kata pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau.

“Saat ini Gwoza bukan lagi bagian dari Nigeria,” Shekau menambahkan. Selain Gwoza, Boko Haram juga diyakini telah mengendalikan beberapa kota lain di negara bagian Borno, dan setidaknya satu kota di negara bagian Yobe.

Berbeda dengan ISIS, yang telah menunjuk Abu Bakar al-Bagdadi sebagai pemimpin kekhalifahan mereka, Boko Haram belum menunjuk seseorang untuk menjadi pemimpin kekhalifahan. Namun, beberapa pihak berpendapat pemimpin Boko Haram saat ini, Abubakar Shekau tidak lama lagi akan ditunjuk untuk menjadi pemimpin kekhalifahan Boko Haram.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3365 seconds (0.1#10.140)