Israel Menggila, AS Salahkan Hamas

Senin, 21 Juli 2014 - 16:06 WIB
Israel Menggila, AS Salahkan Hamas
Israel Menggila, AS Salahkan Hamas
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menganggap apa yang terjadi di Gaza bukan sepenuhnya kesalahan Israel, melainkan Hamas juga. Menurut Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, semakin banyak korban yang jatuh akibat Hamas selalu menolak permintaan gencatan senjata.

“Mereka (Hamas) telah diberikan penawaran untuk melakukan gencatan, namun mereka selalu menolak penawaran (gencatan senjata) tersebut,” ungkap Kerry kepada wartawan, seperti dilansir Maan News, Senin (21/7/2014).

“Mereka sangat keras kepala, mereka selalu menolak upaya yang bisa meredakan krisis ini, meskipun Mesir dan negara-negara sudah meminta dan mendesak agar hal ini segera terealisasi,” tambah Kerry.

Kerry menganggap apa yang telah dilakukan Hamas telah membuat Israel untuk terus bertindak dengan melakukan serangankaian serangan baik melalui darat dan udara, “Tindakan Hamas mengundang Israel untuk berbuah lebih jauh,” ucap Kerry.

Kerry mendesak Hamas agar segera menerima proposal gencatan yang diajukan oleh Mesir. Dirinya menegaskan Hamas harus menunjukan tanggung jawab mereka terhadap warga Gaza dengan melakukan gencatan senjata dengan Israel.

Hamas sendiri mengaku baru dilibatkan dalam proses pembicaraan gencatan senjata itu. Selama ini mereka menyatakan tidak pernah dilibatkan, dan dalam proposal itu mayoritas lebih banyak menguntungkan pihak Israel dibanding mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4269 seconds (0.1#10.140)