Pertama dalam Sejarah, Paus Temui Para Korban Uskup Paedofil

Sabtu, 05 Juli 2014 - 11:37 WIB
Pertama dalam Sejarah, Paus Temui Para Korban Uskup Paedofil
Pertama dalam Sejarah, Paus Temui Para Korban Uskup Paedofil
A A A
VATIKAN - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus (Francis) untuk pertama kalinya dalam sejarah, akan menemui para korban paedofil yang dilakukan para uskup gereja di berbagai negara. Paus Francis akan menemui para korban mulai Senin (7/7/2014) nanti.

Setidaknya enam korban dari Inggris, Jerman dan Irlandia akan berbicara dengan Paus di kediaman pribadinya di dekat Basilika Santo Petrus. Langkah Paus Francis disambut baik karena menunjukkan kedekatannya dengan puluhan ribu orang yang disiksa para uskup gereja di berbagai negara.

Paus Francis sempat dianggap lamban untuk berbicara soal isu yang sangat merusak citra Gereja Katolik selama lebih dari satu dekade itu. Tapi, pada Mei 2014 lalu, Paus Francis membuat pernyataan yang menjadi tamparan bagi para uskup yang melakukan kejahatan seksual.

“Kejahatan mereka sebanding dengan setan misa,” kata Paus kala itu. ”Toleransi nol untuk pelaku kejahatan itu,” lanjut Paus mengecam ulah para uskup yang melakukan kejahatan seksual. (Baca: Sebut Pelaku Setan Misa, Paus Tak Ampuni Uskup Paedofil)

Pertemuan Senin nanti, akan berselang sehari setelah pertemuan komisi yang dibentuk oleh Paus Francis untuk membahas solusi dari aksi kejahatan seksual yang dilakukan para uskup.

Pertemuan ini, seperti dikutip Channel News Asia, Sabtu (5/7/2014) diharapkan dapat membuka komisi para ahli dari berbagai negara yang terjadi kasus kejahatan seksual, yang selama ini tidak pernah dilaporkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3581 seconds (0.1#10.140)